Megawati Minta Rakyat Bandingkan Kondisi Negara


BOGOR -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, meminta rakyat Indonesia untuk membandingkan kondisi negara saat ini dengan saat ia menjabat sebagai presiden RI. "Rakyat bisa membandingkan sendiri bagaimana saat Megawati menjadi Presiden dengan sekarang," kata Megawati dalam orasi politik di hadapan sekitar 20.000 simpatisan PDIP di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (03/4).

Namun Megawati tidak merinci lebih jauh perbedaan kondisi yang ia maksudkan tersebut. Ia mengatakan, jika PDIP menang dalam Pemilu Legislatif 2009 nanti, ia akan makin mantap untuk melaju pada Pemilihan Presiden.

"Apa yang sudah dikerjakan sebelumnya, bisa dilanjutkan lagi. Banyak hal yang sekarang tidak bisa dilakukan, nanti bisa dikerjakan," katanya.

Ia mengajak para pendukungnya untuk meraih kembali kemenangan PDIP setelah pada Pemilu 2004 lalu partai berlambang kepala banteng bermoncong putih ini mengalami penurunan
perolehan suara. Megawati kemudian mengajak massa untuk menyanyikan bersama sebuah lagu.

Kampanye PDIP putaran terakhir di Kota Bogor tersebut sempat diwarnai perselisihan antara wartawan dengan panitia kampanye karena para pemburu berita tersebut diminta keluar dari pagar besi pembatas saat Megawati hendak memasuki panggung orasi.

Pihak panitia bersikukuh untuk mensterilkan area sekitar panggung orasi saat Megawati tiba. Tindakan panitia ini membuat para wartawan kesal dan mengancam memboikot peliputan kampanye PDIP tersebut.

Ancaman tersebut membuat pihak panitia kalang kabut dan segera mempersilakan wartawan untuk kembali memasuki area sekitar panggung orasi. "Maaf teman-teman, ini hanya kesalahpahaman," kata salah seorang panitia.

Megawati yang dijadwalkan hadir di Lapangan Sempur pada pukul 14.00 WIB baru tiba di lokasi kampanye sekitar pukul 16.30 WIB. Namun massa yang sudah memenuhi lapangan sejak siang tidak beranjak dari tempatnya, meskipun hujan mulai mengguyur wilayah tersebut. Mereka terus berjoget mengikuti lagu dangdut yang dinyanyikan oleh penyanyi lokal.

Beberapa kericuhan kecil antar simpatisan terjadi di tengah lapangan, bahkan sempat terjadi dorong mendorong dengan polisi yang berjaga. Namun polisi dengan sigap mengamankan simpatisan yang terlibat bentrokan. ant/ism